Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Thursday 5 February 2015

Tips Memilih Batre Lipo


Mungkin ketika temen2 beli batre lipo ada yang bertanya mas bedanya batre turnigy sama turnigy nanotech apa sih?? Maksudnya ‘C’ itu apa? Discharge itu apa sih mas??Batre lipo yang bagus merk apa mas?
Sedikit tips tentang kulitas dan pengetahuan dasar batre lithium polimer. Supaya temen2 bisa memilih batre yang cocok dengan perangkat yang dibuat.
D:\BUAYA INSTRUMENT\Foto jualan\upload\3300 3s (Small).jpg

  1. Capasitas (mAh)
Pada dasarnya kapasitas yang tertera di batre mAh(Miliamp/hour) atau Ah (Amp/hour) merupakan indicator dari ukuran/kapasitas batre tersebut. Di ibaratkan jika batre lipo adalah tangki bahan bakar kendaraan bermotor maka semakin besar mAh akan semakin besar pula ukuran tangki atau semakin besar ukuran bahan bakar yang dapat ditampung di dalam. Dengan kata lain Batre dengan kapasitas 4000mAh mempunyai kapasitas dua kali lebih besar dari batre ukuran 2000mAh. Secara teori batre dengan ukuran 2000mAh dapat digunakan selama 1 jam jika secara constan menyuplay arus 2000 miliampere.
  1. Discharge (C)
Discharge adalah jumlah daya dari batre yang dapat di keluarkan dalam waktu bersamaan dengan nilai “C” merupakan perkalian dari kapasitas batre (mAh). Batre dengan nilai 2000mAh dan 20C dapat mengeluarkan arus sebesar 20X2000mAh atau sekitar 40Ampere dalam waktu bersamaan. Batre juga mempunyai “Brust rate” yang merupakan kemampuan batre untuk mendischarge arus dalam waktu singkat biasanya 10-20detik. Contohnya batre dengan discharge 20-30C berarti dapat mendischarge arus secara konstan sebesar 20Ampere dan dapat mendischarge arus sebesar 30Ampere secara tiba tiba (10-20detik).
    Tips : batre dengan “C” lebih besar akan lebih awet jika bekerja dalam discharge yang lebih rendah. Contohnya batre dengan discharge 30C bekerja mendischarge arus 20C akan lebih awet bila dibandingkan dengan batre yang mempunyai discharge 20C dan bekerja mendischarge arus 20C. Nilai Discharge besar biasanya dipakai buat aeromodelling dan Robot.
  1. Voltage (s)
Tiap cell Batre lipo mempunyai tegangan 3,7v dan ketika penuh mempunyai tegangan 4,2v. Misal Nilai yang tertera di kemasan 3S berarti tegangan dalam batre adalah 3 x 3,7v=11,1v.
Tips:  Charge batre anda ketika tegangan masih diatas 3,2v. ketika tegangan batre dibawah 3,2v maka dapat dipastikan batre anda akan cepat rusak/bocor biasanya ditandai dengan dimensi batre yang semakin membesar. Ketika tegangan percell mencapai 4,2v segera lepas batre dari charger.

Spesifikasi batre lipo merk Turnigy
Zippy: Great value for money. Average Cycle Life* (100+) and minimal voltage sag under load.
TURNIGY Standard: Excellent value, Longer Cycle life* (160+) and very low voltage sag under load.
TUNIGY nano-tech: Unbeatable performance, Longest Cycle Life* (250+) and almost 0 voltage sag under load.
Sumber : Lithium Polimer (Lipo) Basics Turnigy.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar: