Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Monday 19 January 2015

Pengenalan Software Code Vision AVR (CV AVR)



Selamat berjumpa kembali di blog penulis. Pada postingan kali ini penulis akan melanjutkan dari postingan sebelumnya pada artikel Pengenalan Bahasa C. Untuk kali ini akan dibahas sedikit tentang software yang biasa digunakan untuk membuat dan memprogram chip mikrokontroler seri AVR. Tanpa berbasa-basi lagi mari kita lanjut tentang apa itu software CodeVisionAVR.

                CodeVisionAVR merupakan sebuah cross-compiler C, Integrated Development Environtment (IDE), dan Automatic Program Generator yang didesain untuk mikrokontroler buatan Atmel seri AVR. Cross-compiler C mampu menerjemahkan hampir semua perintah dari bahasa ANSI C, sejauh yang diijinkan oleh arsitektur dari AVR, dengan tambahan beberapa fitur untuk mengambil kelebihan khusus dari arsitektur AVR dan kebutuhan pada sistem embedded.

CodeVisionAVR juga mempunyai Automatic Program Generator bernama CodeWizardAVR, yang mengizinkan Anda untuk menulis, dalam hitungan menit, semua instruksi yang diperlukan untuk membuat beberapa fungsi-fungsi tertentu. Dengan fasilitas  ini mempermudah para programmer pemula untuk belajar pemrograman mikrokontroler menggunakan CVAVR. Secara garis besar bagian-bagian CVAVR dapat diuraikan seperti gambar berikut ini:


Untuk memulai menulis program didalam software CVAVR terlebih dahulu melakukan langkahlangkah sebagai berikut:

1.      File > New > Pilih Project.



2.      Selanjutnya akan muncul window konfirmasi menggunakan AGP CodeWizardAVR > Yes.



3.      Window CodeWizardAVR digunakan untuk pengaturan PORT dan fasilitas sesuai dengan fungsi yang diinginkan.



4.      Setelah selesai dengan pengaturan pada CodeWizardAVR pilih File > Generate, Save and exit (catatan: pemeberian nama file sebanyak 3x, dengan nama file yang sama, hindari kalimat yang panjang, capital dan spasi).

5.      Selesai pemberian nama file, akan muncul window utama editor program seperti berikut:


 

Itulah sedikit pengetahuan tentang apa itu software CodeVisionAVR. Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat berjumpa kembali pada postingan selanjutnya.

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 komentar: